Pengertian Software Engineering

  Software engineering adalah ilmu pengembngan dan pembangunan software aplikasi dan sistem komputer.

 Berbeda dengan pemrograman sederhana, software engineering digunakan untuk sistem aplikasi yang lebih kompleks dan biasanya digunakan untuk kebutuhan bisnis maupun organisasi.


Apa Itu Software Engineering


Menurut Institute of Electrical and Electronics Engineers atau IEEE (1993), software engineering merupakan pendekatan teknologi secara sistematis, disiplin dan terstruktur.

Meskipun pada dasarnya termasuk ke salah satu cabang ilmu komputer mengenai perangkat lunak, kini fungsi software engineering lebih luas lagi.

Rekayasa perangkat lunak tak hanya dibutuhkan saat ada masalah pengoperasian saja. Namun, lebih ke bagaimana sebuah software bekerja sesuai dengan apa yang dibutuhkan penggunanya. Software selalu menekankan rekayasa dan pengembangan karna elemennya bersifat logis.

Tiga komponen utama dari ilmu komputer yaitu, pengembangan software, pengetahuan mengenai bahasa pemrograman dan sistem operasi komputer.

Software engineering dan hardware engineering berbeda, karena hardware engineering berfokus kepada pengembangan perangkat keras seperti networking dan design processor.


Cabang Software Engineering


Berikut ini adalah cabang karir dan cabang utama dalam software engineering:


1. Embedded System Development

Melakukan desain sistem komputer dan software untuk perangkat non-komputer, contohnya seperti mobil. Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman seperti C dan gabungan bahasa lainnya.


2. Application Development

Di cabang ini, kemampuannya ditentukan dari kemampuan problem-solving dan non-Web software development. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu Java dan C#.


3. Web Development


Cabang ini melakukan design software atau aplikasi untuk dijalankan pada web browser. Bahasa yang pemrograman yang digunakan yaitu HTML, JavaScript dan PHP.


4. System Development

System development melakukan desain dan coding yang digunakan untuk support application development. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu C dan C++.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Love dari HTML CSS

Cara Membuat Bunga Menggunakan Bahasa Pemrograman Python

Membuat Card html css