Macam-Macam Teks Editor

Editor Teks adalah perangkat lunak aplikasi atau program komputer yang memungkinkan pengguna untuk membuat, memodifikasi, atau mengedit file teks yang ada dalam format teks biasa. Editor teks ini dapat digunakan untuk benar-benar menulis program komputer atau mengedit kode sumber bahasa pemrograman apa pun. Selain itu, Anda dapat menggunakan editor teks untuk membuat halaman web, templat desain web, atau membuat aplikasi tertentu.

Dibawah ini adalah macam-macam teks editor. sebagai berikut:

1. Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah editor teks gratis dan kuat. Anda pasti akan menyukainya. Yang termasuk salah satu code editor ini menyediakan fitur yang dapat melengkapi baris-baris kode yang Anda tulis secara otomatis. Selain itu, ada banyak fitur tambahan yang bisa membuat Anda nyaman menggunakannya.

Menariknya, ada juga fitur integrasi dengan Git dan fitur debugging yang dapat membantu Anda memeriksa kesalahan pada baris kode. Ini sangat ideal untuk programmer. Meskipun awalnya mendukung penggunaan bahasa pemrograman C#, code editor ini juga bisa digunakan untuk bahasa pemrograman lain.

2. Sublime Text

Sublime Text termasuk dalam teks editor yang mendukung berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Jadi tidak masalah jika Anda melakukan pengembangan aplikasi menggunakan beberapa sistem operasi yang berbeda.

Keuntungan dari teks editor ini adalah cepat dan dapat digunakan bahkan pada perangkat dengan sumber daya rendah. Editor teks ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur dengan menginstal plugin. Anda dapat menginstal beberapa plugin jika Anda memiliki sumber daya yang cukup.

3. Notepad++

Editor teks bawaan Windows ini sering dimanfaatkan untuk membuat file txt atau mengetik catatan ringan. Sedangkan Notepad++ ialah pengembangan dari Notepad yang merupakan text editor bawaan Windows.

Notepad++ menyediakan fitur tambahan yang lebih modern dan canggih. Notepad hanya menggunakan tampilan menu yang simpel dengan latar putih, sedangkan di Notepad++ Anda akan melihat banyak pilihan menu dan ikon. Anda bisa melakukan banyak hal menggunakan text editor Notepad++. Aplikasi ini bisa membaca berbagai macam bahasa pemrograman. Tersedia juga menu plugin untuk menambah fitur.

4. Atom

Atom, text editor terbaik open source yang ada saat ini. Aplikasi ini tersedia untuk Mac OS, Linux, dan Windows. Saya sendiri sering menggunakan Atom untuk mengelola baris kode atau terkadang hanya untuk menuliskan beberapa catatan.

Code editor ini tidak kalah elegan dengan Sublime Text. Selain tampilannya menarik dan desain yang elegan, aplikasi ini juga mendukung banyak bahasa. Jika menginginkan fitur tambahan, Anda dapat dengan mudah menambahkannya melalui menu plugin yang tersedia.

5. Vim

Vim bisa dibilang text editor yang cukup langgeng. Aplikasi ini dikenalkan pada 1991 dan menjadi salah satu text editor terbaik sampai saat ini.

Jika Anda pengguna Linux pasti tidak asing dengan aplikasi ini. Ya, Vim merupakan editor teks bawaan Linux yang sering bermanfaat untuk membuka dan mengedit baris kode di dalam file. Vim kerap dibandingkan juga dengan teks editor bernama Nano Text Editor dengan fungsionalitas yang mirip.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Love dari HTML CSS

Cara Membuat Bunga Menggunakan Bahasa Pemrograman Python

Membuat Card html css